news, Tips berkendara

Mobil SUV vs Mobil MPV, Yuk Kenali perbedaannya!

Mobil Xenia

Banyak sekali tipe mobil yang beredar di pasaran otomotif, seperti LCGC, Hatchback, Sedan, Crossover, dan sebagainya. Tetapi terdapat 2 tipe mobil terlaris di Indonesia yaitu Mobil MPV dan Mobil SUV. Pasar otomotif Indonesia didominasi dengan kebutuhan akan mobil yang memiliki kapasitas angkut penumpang yang besar dan juga daya mesin kuat untuk di beberapa medan jalan.

Perbedaan dasar Mobil MPV & Mobil SUV

Kedua mobil ini memiliki perbedaan mendasar yaitu pada kegunaannya. Sport Utility Vehicle (SUV) adalah jenis mobil sport yang memadukan mobil Jip dan Sedan. Mobil SUV sendiri dibekali dengan bentu, ukuran, dan kekuatan mesin yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan sport yang kuat dan tangguh di segala medan.

Sedangankan untuk mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) adalah mobil yang diperuntukan untuk keluarga sehingga seluruh design, body, dan kekuatan mesin dirancang untuk mengedepankan kenyamanan dalam berkendara. Berikut adalah perbedaan antara mobil SUV dan mobil MPV :

1. Kapasitas Angkut Penumpang

Mobil MPV yang diperuntukan untuk kendaraan keluarga dirancang / dibuat dengan kapasitas yang besar sehingga bisa membawa penumpang sebanyak 8 orang dan didukung dengan kapasitas kabin yang luas. Berbeda dengan SUV yang hanya dirancang dengan kapasitas penumpang lebih sedikit yaitu sekitar 5 orang.

2. Body atau Bentuk Mobil

Mobil SUV didesain dengan bentuk yang memiliki tampilan tangguh dan memiliki ketinggian yang pas dengan rata-rata ground clearance sekitar 200mm atau lebih. Selain itu juga mobil SUV dilengkapi dengan ban besar dan velg berdiameter 15inch dengan menggunakan ban berkontur garang supaya dapat melewati medan yang licin.

Sementara mobil MPV desainnya cenderung lebih elegan. Velgnya pun berukuran standar sehingga cocok digunakan bersama keluarga. Kontur ban MPV juga dibuat khusus untuk permukaan jalanan yang halus yang cocok untuk di perkotaan.

3. Kapasitas Mesin

Karena mobil sport digunakan untuk medan yang cukup sulit maka mobil SUV dibekali dengan kapasitas mesin diatas 1500cc sehingga mobil ini cocok untuk melewati medan off-road. Sementara itu, rata-rata mobil MPV punya mesin berkapasitas dibawah 1500cc

4. Bahan Bakar

Mobil SUV biasanya lebih boros bahan bakar. Itu karena mobil ini punya fitur canggih di tiap komponennya. Selain itu, penggunaan penggerak empat roda yang lebih menguras daya membuat mobil ini jadi lebih boros bahan bakar. Untuk mobil MPV, ini dirancang dengan sistem pengelolaan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Nah setelah mengetahui perbedaan antara mobil MPV dan mobil SUV jadi kalau kalian lebih pilih mobil apa nih Guys?. Daihatsu juga menyediakan mobil MPV & mobil SUV lho.

Untuk kalian yang ingin memiliki mobil MPV Xenia dan Mobil SUV Terios dari Daihatsu di area Pontianak, yuk langsung aja contact ke 0812-5022-0110 atau langsung datang ke lokasi kami di Dealer Astra Daihatsu Pontianak ini berlokasi di Jl. Arteri Supadio No.70, Kubu Raya.

Baca juga: https://daihatsu-pontianak.com/2022/06/27/3-cara-merawat-mobil-yang-bikin-mesin-mobil-awet/

Penulis: Vincent Saverio W.

1 thought on “Mobil SUV vs Mobil MPV, Yuk Kenali perbedaannya!”

Leave a comment