Berkendara Mobil Jarak Jauh
news, Tips berkendara

Persiapan Mengendarai Mobil untuk Perjalanan Jarak Jauh

Mengendarai mobil dengan jarak tempuh jauh sudah menjadi hal umum di lakukan oleh masyarakat Kalimantan Barat, namun hal ini bisa jadi pengalaman pertama untuk Anda yang akan melakukannya. Penulis masih ingat bagaimana perasaan senang sekaligus mendebarkan ketika akan melakukan perjalanan luar kota pertama dari arah Pontianak menuju ke Sandai, Ketapang, Kalimantan Barat.

Pada saat itu, hal yang menjadi perhatian utama adalah apakah penulis mampu mengemudikan mobil dengan jarak jauh dengan tetap fokus? Tentu saja untuk mengetahui hal tersebut, penulis harus mempraktekkan langsung di lapangan.

Bagi Anda, pemula yang dalam waktu dekat ini akan melakukan mengendarai mobil dengan jarak jauh, berikut adalah tips yang dapat kami berikan, terlebih untuk aspek persiapan.

Apa yang harus di perhatikan sebelum perjalanan jarak jauh

  • Dapatkan tidur yang cukup, paling tidak 7 jam waktu tidur selama 2 hari berturut-turut untuk membangun energi selama berkendara. Anda akan membutuhkan energi yang banyak selama di dalam mobil, terlebih agar menghindari mengantuk.
  • Tidur sejenak, berhubungan dengan tidur guna menjaga stamina, Asosiasi Tidur Nasional menyarankan Anda untuk mendapatkan tidur sejenak selama 15 sampai dengan 30 menit sebelum berkendara. Tidur sejenak memberikan manfaat untuk menyegarkan tubuh Anda dan meningkatkan kesadaran pada saat berkendara.
  • Ketahui rute, akan sangat baik jika Anda sudah mengetahui rute dari perjalanan Anda. Paling tidak beberapa titik yang memiliki tingkungan tajam, tanjakan curam, dan area rawan kecelakaan. Hal ini bisa memberikan Anda kesiapan mengatur kecepatan ketika di melewati jalan tersebut.

Apa yang perlu di bawa saat mengendarai mobil dengan perjalanan jarak jauh?

  • Aroma terapi, selama berkendara jauh tubuh Anda perlahan akan menegang, menyediakan aroma terapi favorit Anda akan sangat berguna dalam menenangkan diri.
  • Beberapa rekomendasi aroma adalah peppermint karena dapat mengurangi capek dan meningkatkan kesadaran. Atau lavender yang dapat menenangkan Anda selama  berkendara, terlebih lagi aromanya yang lembut berdampak baik terhadap suasana hati.
  • Camilan, memilih camilan yang mudah untuk dikonsumsi selama berkendara di mobil juga hal yang patut Anda masukkan dalam daftar sebelum berkendara. Selain menjaga perut agar tetap terisi, camilan juga dapat membantu menghindari Anda dari mengantuk. Akan lebih baik jika Anda dapat memilih kemasan camilan berbentuk kecil yang bisa Anda konsumsi dengan satu tangan ketika berkendara. Terlebih lagi saat ini banyak camilan buatan Indonesia yang dikemas dalam kemasan kecil untuk keperluan ngemil dengan cepat.
  • Air, ukuran 500ml ataupun 1 liter, apapun itu air adalah barang penting yang wajib ada ketika Anda akan mengendarai mobil dengan jarak tempuh jauh. Menghidrasi sekaligus membuat Anda segar, komponen ini adalah suatu keharusan.
  • Daftar playlist lagu favorit, 7 jam berkendara tanpa mendengar lagu? Terdengar sangat membosankan, bukan? Siapkan daftar playlist lagu Anda di dalam mobil, Anda akan menyulap mobil menjadi tempat karaoke dengan secara instan. Namun tetap perhatikan volume suara mobil Anda ya, tujuannya agar Anda tetap dapat mendengar suara dari kendaraan atau klakson.
  • P3K, kotak pertolongan pertama yang sering dilupakan namun penuh akan kegunaan. Anda dapat dengan mudah membeli kotak P3K di apotek atau bahkan dari ecommerce. Selain untuk alasan keselamatan, memiliki kotak P3K juga dapat menghindari Anda dari denda sanksi lalu lintas sebesar Rp 250.000.
  • Jaket, perubahan suhu cuaca dapat berlangsung kapan saja, terlebih ketika Anda mengendarai mobil dengan jarak tempuh jauh. Suhu dingin dapat membuat Anda tidak konsentrasi selama berkendara, memiliki jaket atau baju lapis cadangan lainnya akan sangat berguna.

Kapan waktunya untuk beristirahat ketika berkendara?

Mengetahui tubuh Anda sendiri pada saat mengendarai mobil dengan jarak tempuh jauh akan sangat baik. Berikut adalah hal-hal yang menjadi tanda bahwa Anda mulai capek dan mengantuk ketika berkendara.

  • Sering menguap
  • Pikiran tidak fokus dan sering mengawang-awang
  • Kelopak mata terasa sangat berat
  • Pengendara lain sering membunyikan klakson peringatan kepada Anda

Bahaya dari mengendarai mobil dengan jarak tempuh jauh

Sebuah penelitian pada 2014 mendapatkan bahwa berkendara mobil dengan jarak tempuh jauh dapat berdampak terhadap kesehatan seperti:

  • Tekanan darah
  • Gangguan pengelihatan
  • Kemampuan mata mengatur cahaya pada kondisi gelap
  • Kemampuan mengases kecepatan  

Jika sering mengalami kelelahan selama mengendarai mobil dengan jarak tempuh jauh akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi ini.

Baca juga: Rekomendasi channel YouTube untuk membantu Anda dalam memilih mobil idaman Anda.

Leave a comment